Jurnal

No
Penulis Abstrak
File
1
Nashruddin Permasalahan dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh layanan informasi guru yang profesional dalam mendidik, membimbing dan mengaja r terhadap peningkatan daya ingat siswa di SMA Negeri I Tanete Riaja? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi guru yang profesional dalam mendidik, membimbing, dan mengajar terhadap peningkatan daya ingat siswa di SMA Negeri I Tanete Riaja? Populasi pada penelitian ini sebanyak 645 siswa, sedangkan sampel sebanyak 65 siswa diperoleh dengan teknik penarikan proportional random sampling, adapun pengumpulan data digunakan teknik angket, dokumentasi dan wawancara, sementara teknik analisis data menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil pada penelitian ini menggunakan model regresi sederhana yaitu dengan taraf signifikansi dari regresi yang terjadi, maka dicocokkan dengan kaidah pengujian signifikansi yaitu Ftabel = 4,0 dan diketahui Fhitung = 17,23. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan: (1) Pada penelitian ini diketahui bahwa model regresi sederhana yang terbentuk adalah yang dapat berarti bahwa apabila layanan informasi guru yang profesional dalam mendidik, membimbing dan mengajar ditingkatkan maka akan terjadi peningkatan pada daya ingat siswa di SMA Negeri I Tanete Riaja sebesar 0,63. Kata kunci: layanan informasi, guru profesional
2
Jamal Passalowongi Permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah adalah bagaimana pengaruh psikologi anak terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikologi anak terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Untuk mencapai tujuan tersebut diadakan suatu penelitian langsung sebagai upaya empiris untuk memperoleh jawaban terhadap masalah yang ada dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan populasi penelitian sebanyak 394 responden, sedangkan sampel adalah 39 responden diperoleh dengan teknik penarikan teknik proporsional random sampling, adapun instrument pengumpulan data digunakan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis regresi sederhana terlihat nilai Ftabel = 4,11 dan Fhitung = 56,2, hal ini berarti bahwa Fhitung> dari Ftabel sehingga Ho tertolak jadi dapat disimpulkan ada pengaruh psikologi anak terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Kata kunci: psikologi anak, perkembangan afektif
3
Abdu Rahman Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah ” apakah peran guru bimbingan dan konseling dalam pemberian layanan bimbingan karier pada siswa SMA Negeri I Barru?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peranan guru bimbingan dan konseling dalam pemberian layanan bimbingan karier pada siswa SMA Negeri I Barru. Penelitian ini menggunakan analisis persentase dengan populasi penelitian sebanyak 564 responden, sedangkan sampel adalah 56 responden diperoleh dengan teknik penarikan Proportional Random Sampling, adapun instrument pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan skor persentase rata-rata antara 21%-40%. Jadi guru bimbingan dan konseling kurang berperan memberikan layanan dan bimbingan karier pada siswa SMA Negeri I Barru. Kata kunci: guru BK, layanan karier
4
Nurdiati Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah guru kelas berperan dalam melaksanakan dan memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang bermasalah di SD Inpres Padaelo Kecamatan Tanete Rilau? sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah guru kelas memiliki peran dalam melaksanakan dan memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang sering bermasalah di SD Inpres Padaelo Kecamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru kelas dalam memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang bermasalah di SD Inpres Padaelo Kecamatan Tanete Rilau. Penelitian ini menggunakan analisis persentase dengan populasi penelitian sebanyak 112 responden, sedangkan sampel adalah 15 responden diperoleh dengan teknik penarikan purposive sample (sampel bertujuan), adapun instrumen pengumpulan data digunakan teknik dokumentasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas memiliki peran cukup penting memanfaatkan layanan BK dalam menangani siswa yang bermasalah di SD Inpres Padaelo, ini terlihat dari rentang interpretasi skor persentase rata-rata berada pada rentang 41%-60% dari hasil penelitian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam menangani siswa yang bermasalah guru kelas telah memiliki peran yang cukup memanfaatkan layanan bimbingingan dan konseling. Kata kunci: siswa bermasalah, layanan BK
5
Muhammad Passalowongi Permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah ” apakah pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Populasi pada penelitian ini sebanyak 394 responden, sedangkan sampel adalah 39 responden diperoleh dengan teknik penarikan teknik proporsional random sampling, adapun instrumen pengumpulan data digunakan teknik angket, sementara teknik analisis data menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada analisis regresi sederhana terlihat nilai Ftabel = 4,11 dan Fhitung = 13,9, hal ini berarti bahwa Fhitung> dari Ftabel sehingga Ho tertolak jadi dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan dan konseling terhadap perkembangan afektif siswa SMP Negeri 2 Tanete Rilau. Kata kunci: layanan BK, Afektif siswa
6
Fiptar Abdi Alam Permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah ”bagaimanakah pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa yang hiperaktif di SMA Negeri 1 Tanete Riaja?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa yang hiperaktif di SMA Negeri 1 Tanete Riaja. Untuk mencapai tujuan tersebut diadakan suatu penelitian langsung sebagai upaya empiris untuk memperoleh jawaban terhadap masalah yang ada dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik korelasional, populasi penelitian sebanyak lima responden, sedangkan sampel tetap lima orang dengan teknik penarikan sampel penuh, adapun instrument pengumpulan data digunakan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pada pertanyaan angket terlihat pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap siswa hiperaktif di SMA Negeri 1 Tanete Riaja adalah nilai kofisien korelasi (“r”) yang diperoleh 1,0 atau memilikipengaruh yang sangat tinggi dan signifikan. Kata kunci: bimbingan dan konseling, hiperaktif