Peresmian Kantor Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sulawesi Selatan Cabang Barru di STKIP Muhamma

Updated : 07 Oktober 2019

IMG-20191007-WA0004

 

Bertepatan dengan hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, kantor Himpunan Pramuwisata Indonesia Sul-Sel cabang Barru yang ditempatkan di Stkip Muhammadiyah Barru, di resmikan langsung oleh ketua Stkip Muhammadiyah Barru, Dr. Andi Fiptar.

Selain acara peresmian kantor resmi HPI Sul-Sel tersebut, dilakukan juga penandatanganan Nota Kesepahaman pada tanggal yang sama  antara HPI Sul-Sel cabang Kabupaten Barru dengan Stkip muhammadiyah Barru mengenai kegiatan pariwisata atau pendampingan turis atau pelancong yang datang dari luar negeri. Selain itu, pada hari peresmian tersebut juga dilaksanakan pelatihan atau training guide untuk para  pramuwisata yang ada didaerah sekitar Sulawesi-Selatan yang narasumbernya merupakan pembicara dari HPI dan dinas kabupaten Barru. Dengan adanya kantor HPI di Stkip Muhammadiyah Barru ini juga diharapkan dapat menambah jumlah pramuwisata yang berasal dari Sulawesi Selatan saat inibaru memiliki 280 pemandu wisata yang berlisensi menengah (madya) menurut data Himpunan Pramuwisata Indonesia setempat.

Adapun penggunaan singkatan HPI sendiri digunakan pada tahun 1988 yang bertujuan Mempersatukan kembali Assosiasi Pramuwisata seluruh Indonesia dalam satu wadah. Atas usul Dirjen Pariwisata, maka HPI yang awalnya bernama HDWI dirubah menjadi  HIMPUNAN PRAMUWISATA INDONESIA yang disingkat (HPI). Pengubahan nama HDWI menjadi HPI dengan dasar pertimbangan bahwa kata DUTA WISATA terlalu berat untuk dipertanggung-jawabkan yang bertugas setaraf dengan Duta Besar untuk Negara sahabat.